Promo

Tentang Hari Raya Galungan

hari raya galungan di bali
Bali merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang mempunyai libur paling banyak. Penetapan libur oleh Pemerintah Daerah tersebut bukan tanpa alasan, tapi karena bertepatan dengan hari raya penduduk mayoritas. Sebut saja Hari Raya Galungan dan Kuningan setiap dua tahun sekali. Dua hari raya tersebut menjadi dasar diliburkannya kegiatan kerja baik di instansi pemerintah maupun swasta.

Seperti hari ini, Bali sedang libur karena bertepatan dengan Hari Raya Galungan. Libur ini tidak diikuti daerah lain di Indonesia, ini tanggal merah lokal Bali saja. Lalu pertanyaannyal, apa sih Hari Raya Galungan itu? sampai-sampai instansi pemerintah juga diliburkan juga.

Hari raya Galungan di Bali

Hari raya Galungan adalah hari untuk memperingati terciptanya alam semesta beserta isinya. Dalam bahasa Bali berarti buda kliwon dungulan. Kemenangan Dharma melawan adharma umat Hindu melakukan persembahan kepada Sang Hyang Widhi dan para dewa sebagai wujud syukur atas rahmat untuk keselamatan selanjutnya.

Dalam perayaan Galungan ada sesuatu yang unik, setiap rumah wajib dipasangi hiasan-hiasan dari janur kuning yang melengkung. Janur kuning tersebut dinamakan dengan Penjor. Hal itu merupakan syarat wajib bagi umat Hindu yang merayakan Galungan.

Galungan ini terjadi setiap dua tahun sekali, yang seminggu kemudian diadakan hari raya Kuningan. Kuningan juga disebut hari raya, seminggu setelah Galungan. Tetapi saat kuningan tidak seperti Galungan ramainya.

Tradisi Mudik di Bali

Ternyata tradisi mudik juga dilakukan oleh orang-orang Bali. Meskipun jarak tempuh mudik ke kampung halamannya tidak terlalu jauh. Paling lama 2-3 jam ke kampung halaman, maklum wilayah Bali cukup terjangkau.

Mudik hanya dilakukan oleh para perantau Bali yang merayakan Galungan. Sebagai ibukota, Denpasar merupakan kota para perantau dari Kabupaten sekitarnya. Jadi, tiap ada hari raya, para perantau tersebut mudik ke kampung mereka. Mudik di Bali hanya antar kota / kabupaten, tidak perlu memesan tiket jauh-jauh hari :D

Suasana Denpasar Saat Galungan

Galungan merupakan momen bagi penduduk Bali yang tidak merayakannya untuk berlibur. Seorang yang tidak punya banyak waktu untuk eksplorasi wisata Bali bisa berlibur saat Galungan. Bagi yang ingin sekedar menikmati jalanan kota, sangat tepat dilakukan saat Galungan. Jalan raya relatif lebih lengang dari hari biasanya karena ditinggal oleh warganya, hehe.

Akan tetapi kita akan merasa kurang puas karena banyak toko / penjual oleh-oleh atau penjual makanan juga tutup. Meskipun tidak semuanya tutup, tapi kebanyakan mereka tutup. Warung-warung muslim pun banyak yang tutup sebab kebanyakan pelanggannya orang - orang Bali yang merayakan Galungan.

Demikian seklumit bahasan tentang hari Raya Galungan. Galungan momen baik untuk liburan bagi warga lokal :D
Bali. Powered by Blogger.