Promo

5 Warung Muslim di Bali

Bagi Anda wisatawan dari luar pulau Bali yang beragama islam tak perlu khawatir 'kelaparan' saat berwisata ke Pulau Dewata. Bali juga banyak warga pendatang yang beragama islam, terutama di daerah kota Denpasar, ibukota Bali. Banyaknya warga muslim bali itu juga menyebabkan semakin banyaknya penjual makanan / minuman yang halal.

Kalau restoran atau semacamnya sudah pasti lebih mudah mengenali mana yang halal dan mana yang tidak halal. Lihat saja sertifikat halal dari MUI, jika ada terpasang dan terpampang jelas insya Allah rumah makan / restoran tersebut halal. Contohnya restoran cepat saji Pizza Hut, McD, KFC, A&W dan sejenisnya. Semua restoran tadi sudah mendapat jaminan halal dari yang berwenang.

Nah, bagaimana dengan cara mengenali warung muslim di Bali? Tentu hal ini agak menyulitkan sebab tidak ada patokannya. Yang paling mudah adalah menanyai satu persatu penjualnya, dan itu sangat tidak menyenangkan, hehe. Tapi jangan khawatir, saya bisa merekomendasikan untuk Anda 5 warung muslim di Bali yang insya Allah makanannya HALAL.

1. Warung Zaenah

Warung Zaenah terkenal masakan semur hatinya. Warung muslim satu ini sudah lama berdiri di Bali. Hingga saat ini cabangnya lumayan banyak dan mudah di temukan di daerah kota Denpasar. Jika Anda berlibur ke Bali dan sedang jalan-jalan menggunakan taksi / mobil dengan diver, tanya saja ke sopirnya, kebanyakan mereka tahu. Sajian menu di Warung Zaenah bersifat 'kering' tidak ada sayur berkuah dalam list menu di sana.

Sate daging sapi dan semur hati yang bikin ketagihan saat makan di sana. Bangunannya bergaya "warung" tapi mengutamakan kebersihan dan higienes. Warung Zaenah yang terkenal terletak di Jalan Cok Agung Tresna, Renon, Denpasar.

2. Warung Banyuwangi

Warung Banyuwangi sebenarnya bukan nama sebuah warung makan secara spesifik. Jika Anda ke Bali pasti akan dengan mudah menemukan warung-warung dengan tagline sama "Warung Banyuwangi". Warung banyuwangi ini kebanyakan muslim dan berasal dari Banyuwangi. Tapi tidak semuanya bisa dijamin kehalalannya.

Di Denpasar banyak sekali warung banyuwangi tersebar di seluruh penjuru kota. Dari jalan raya sampai jalan kelinci pun ada. Sebagaimana warteg, warung banyuwangi ini pun banyak pilihan menu. Akan tetapi saya merekomendasikan 2 (dua) warung banyuwangi muslim. Pertama yang ada di Jalan Nusakambangan, pertigaan dekat dengan masjid (lupa nama masjidnya). Kedua warung banyuwangi yang ada di Jalan Hayamwuruk, dekat pertigaan jalan Katrangan yang berada di sebelah selatan jalan raya.

3. Warung Minang Sakato

Warung makan ini adalah warung makan padang kaki lima. Penjualnya asli dari Padang dan seorang muslim. Meskipun letaknya dipinggir jalan Minang Sakato yang berdiri sejak sekitar 3 tahun yang lalu ini rasanya menggoyang lidah. Tidak kalah dengan warung padang yang sudah besar. Terletak di Jalan WR Supratman tepat di Depan Apotek perempatan Jalan Turi. Lebih tepatnya di seberang Bank Komersil yang sudah tidak berfungsi.

4. Warung Bola

Warung yang dimiliki oleh seorang suami-istri dari Malang itu dinamakan warung Bola karena seluruh aksennya beraroma bola. Bahkan tidak hanya itu, uniknya warung ini menamakan semua menunya dengan hal-hal yang berkaitan dunia bola. Dari para pemain hingga nama negara yang terkenal dengan olahraga sepakbolanya. Ditambah para pelayan yang menggunakan kaos bola, makan di sana terasa banget seperti makan di stadion bola haha

5. Warung Sate

Jika Anda ingin makan sate enak saat di Bali, jangan takut dan jangan ragu. Ada warung khusus menjual sate kambing di Jalan WR Supratman. Tepatnya di seberang Gedung Pertanian, Denpasar. Jika dari arah Mapolda Bali maka warung sate tersebut bisa ditemukan setelah lampu merah pertama, kanan jalan. Tidak hanya menjual sate, tapi juga gulai kambing. Semua masakannya khas Madura dan insya Allah halal semuanya. Warung yang dikelola oleh pasangan suami - istri tersebut punya ciri khas, penjualnya memakai songkok / peci dan jilbab.

Demikian 5 warung muslim di Bali yang insya Allah semuanya halalan thoyyiban. So, jangan ragu untuk bersantap makanan enak dengan harga pelajar selama ada banyak warung-warung muslim di Bali yang mudah ditemukan. Selamat berwisata ^^
Bali. Powered by Blogger.